Pages

Rabu, 22 Mei 2013

JUNK FOOD "PERUSAK TUBUH"


A.  Pengertian Junk Food
Junk food merupakan dua kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti makanan rongsokan. Junk food menurut istilah adalah makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Junk food diibaratkan seperti sampah yang sudah tidak memiliki manfaat apapun lagi. Makanan nirnutrisi seperti Junk food mengandung jumlah lemak jenuh yang besar dan Junk food sudah tidak memiliki kandungan protein, karbohidrat serta nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Makanan cepat saji merupakan salah satu contoh dari Junk food.
Karena rendah dalam kandungan nutrisi, makanan jenis Junk food tidak banyak manfaatnya bagi kesehatan hanya sekedar mengenyangkan dan memberikan sensasi rasa yang enak. Bila sudah terbiasa mengkonsumsi jenis makanan junk food ini sejak dini, maka semakin sulit untuk mencegah proses degeneratif dan penuaan yang terjadi.

 


 












B.  Bahan Kimia Yang Terkandung Di Dalam Junk Food
1.      Lemak jenuh (satured fat)
Junkfood yang lemak jenuh (satured fat) dapat menghambat penyerapan kalsium, selain itu lemak jenuh dapat membentuk larutan yang mirip sabun dan dapat melapisi usus. Kedua efek tersebut dapat menyebabkan tubuh tidak mampu menyerap kalsium dengan optimal untuk menjaga tulang kuat. Tingginya jumlah satured fat akan menimbulkan kanker, terutama kanker usus dan kanker payudara. Lemak dari daging, susu, dan produk-produk susu merupakan sumber utama dari satured fat.
2.      Sodium
Sodium banyak ditemukan pada makanan yang dimakan dan minum. Sodium adalah bagian dari garam. Banyak makanan kemasan atau kalengan itu berkadar sodium tinggi. Sodium banyak terdapat pada french fries (apalagi bila ditambah dengan shakers), ayam goreng, burger, cheese burger, bologna, piza, segala jenis snack keripik kentang, dan mi instan, sayuran dalam kaleng dan kadang-kadang juga keju mengandung zat ini. 
3.      Gula
Junk food juga ditengarai mengandung banyak gula. Gula, terutama gula buatan, yang sangat tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit gula atau diabetes, kerusakan gigi, dan obesitas. Minuman bersoda, cake, dan cookies mengandung banyak gula dan sangat sedikit vitamin serta mineralnya.
4.      Kolesterol
Kolesterol banyak terdapat dalam daging, daging ayam, ikan, telur, butter, susu, dan keju. Banyak bahan makanan junk food di dalam bumbunya, mengandung kadar tinggi lemak jenuh, sodium dan kalori dan kolesterol. Satu porsi junk food mengandung lebih dari 90 persen dari asupan lemak harian untuk orang dewasa. Dengan makan junk food lebih dari satu porsi dalam satu hari akan meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan.
5.      Garam
garam dapat menyebabkan hilangnya kalsium, terutama garam meja yang sering ditambahkan ke dalam makanan yang tergolong Junk food. Bahkan, sebanyak 40 mg kalsium akan hilang dari tubuh melalui urin untuk setiap 2.300 mg natrium (satu sendok teh garam
6.      Pemanis sentetik
Biasanya pada minuman yang tergolong  junk food memilik banyak kandungan pemanis sintetis di dalam. Pemanis sintetik mempunyai senyawa kimia yang mempunyai rasa manis. Tetapi, pada tingkat kemanisan yang sama dengan gula, pemanis sintetik hanya mengandung 2 persen kandungan kalori gula. Artinya, kandungan kalorinya jauh lebih rendah daripada gula. Tingkat kemanisan pemanis sintetik berkisar 50-3.000 kali lebih tinggi dari gula. 
a.    Sekarang ini ada beberapa jenis pemanis sintetik seperti siklamat, aspartam, asesulfam K, taumatin, neophesperidin DC, monelin, glisirizin, neotam, dan lain-lain. Dari jenis-jenis tersebut hanya beberapa yang boleh diproduksi, sedangkan yang lainnya masih dalam penelitian. Yang sekarang banyak di pasaran adalah siklamat, sakarin, aspartam, neotam, dan steviosa. Siklamat adalah garam natrium dan kalsium siklamat yang mempunyai kemanisan 30 kali lebih tinggi dari gula
b.    Perpaduan garam natrium dan kalsium sakarin ini pada konsentrasi 10 persen dalam larutan mempunyai tingkat kemanisan 300 kali lebih tinggi daripada gula. Namun, sakarin mempunyai rasa tambahan sedikit pahit
c.    Aspartam yang kemanisannya 200 kali dari gula tidak mempunyai rasa tambahan. Secara kimia, aspartam merupakan campuran dua asam amino alami yaitu asam aspartat dan fenilalanin. Namun, aspartam dapat dibuat secara sintetis di laboratorium. 
Sebagian besar pemanis sintetik merupakan senyawa sintetis yang dibuat secara kimiawi atau dari bahan alami tetapi mengalami pengolahan lebih lanjut untuk menghasilkan rasa manis yang diinginkan.

C.    Bahan Makanan Yang Tergolong Dalam Junk Food
1.    Makanan Gorengan
Golongan makanan ini pada umunya kandungan kalorinya tinggi, kandungan lemak/minyak dan oksidanya tinggi. Bila dikonsumsi secara regular dapat menyebabkan kegemukan, mengakibatkan hyperlipitdema dan sakit jantung korener. Dalam prosese menggoreng sering terjadi banyak zat karsiogenik, hal mana telah dibuktikan kecenderungan kanker bagi mereka yang mengkonsumsi makanan gorengan jauh lebih tinggi dari yang tidak / sedikit mengkonsumsi makanan gorengan.
2.    Makanan Kalengan
Baik yang berupa buah kalengan atau daging kalengan, kandungan gizinya sudah banyak dirusak, terlebih kandungan vitaminnya hampir seluruhnya mengalami penurunan baik kualitas maupun kuantitas dari bahan asalnya. Terlebih dari itu kandungan proteinnya telah mengalami perubahan sifat hingga penyerapannya diperlambat. Nilai gizinya jauh berkurang. Selain itu banyak buah kalengan berkadar gula tinggi dan diasup ke tubuh dalam bentuk cair sehingga penyerapannya sangat cepat. Dalam waktu singkat dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, memberatkan beban pancreas. Bersamaan dengan tingginya  kandungan kalori, juga dapat menyebabkan obesitas
3.    Makanan Asinan
Dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, hal mana dapat mengakibatkan kandungan garam makanan tersebut melewati batas, menambah beban ginjal. Bagi pengkonsumsi makanan asinan tersebut, bahaya hipertensi dihasilkan. Terlebih pada proses pengasinan sering ditambahkan amonium nitrit yang menyebabkan peningkatan bahaya kanker hidung dan tenggorokan. Kadar garam tinggi dapat merusak selaput lendir pada lambung dan usus. Bagi mereka yang secara kontinyu mengkonsumsi makanan asin dapat menyebabkan radang lambung dan usus.
4.    Makanan Daging Yang Diproses (Ham, Sosis, Dll)
Dalam makanan golongan tersebut mengandung garam nitrit dapat menyebabkan kanker, juga mengandung pengawet/pewarna dll yang memberatkan beban hati / lever. Dalam ham dsb kadar natriumnya tinggi, mengkonsumsi dalam jumlah besar dapat mengguncangkan tekanan darah dan memberatkan kerja ginjal.
5.    Makanan Dari Daging Berlemak Dan Jerohan
Walaupun makan ini mengandung kadar protein yang baik serta vitamin dan mineral, tapi dalam daging berlemak dan jerohan mengandung lemak jenuh dan kolestrol yang sudah divonis sebagai pencetus penyakit jantung. Makan jerohan binatang dalam jumlah banyak dan waktu lama dapat menyebabkan pernyakit jantung koroner dan tumor ganas (kanker usus besar), kanker payudara dll.
6.    Olahan Keju
Sering mengkonsumsi olahan keju dapat menyebabkan penambahan berat badan hingga gula drah meninggu. Mengkonsumsi cake/kue keju bertelur menyebabkan kurang gairah makan. Konsumsi makanan berkadar lemak dan gula tinggi sering mengakibatkan pengosongan perut. Banyak kasus terjadinya hyperakiditas dan rasa terbakar.
7.    Mi Instant
Makanan ini tergolong makanan tinggi garam, miskin vitamin, mineral. Kadar garam tinggi menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah dan mengandung trans lipid, memberatkan beban pembuluh darah jantung.
8.    Makanan Yang Dipanggang/Dibakar
Mengandung zat penyebab kanker.

9.    Sajian Manis Beku
Termasuk golongan ini ice cream, cake beku dll. Golongan ini punya 3 masalah karena mengandung mentega tinggi yang menyebabkan obesitas karena kadar gula tinggi mengurangi nafsu makan juga karena temperature rendah sehingga mempengaruhi usus.
10.     Manisan kering
Mengandung garam nitrat. Dalam tubuh bergabung dengan ammonium menghasilkan zat karsiogenik juga mengandung esen segai tambahan yang merusak fungsi hati dan organ lain, mengandung garam tinggi yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan memberatkan kerja ginjal.

D.    Bahaya Junk Food Bagi Tubuh
Berikut merupakan beberapa bahaya dari mengonsumsi Junk food :
1.     Menimbulkan Darah tinggi
Karena makanan junk food memiliki kandungan garam yang tinggi ini dapat memicu penyakit tekanan darah tinggi pada konsumen. Tapi jika dikonsumsi dengan jumlah yang sedikit  junk food tidak akan menimbulkan darah tinggi. Konsumsi lemak yang tinggi akan merangsang kebutuhan glutation, sehingga tubuh semakin berisiko mengalami glutation rendah. Glutation adalah biomarker yang sangat tepat untuk membedakan individu yang sehat dengan individu yang sakit. Mereka yang kadar glutationnya tinggi mempunyai risiko sepertiga lebih rendah untuk menderita tekanan darah tinggi, sakit jantung, diabetes, dan infeksi saluran kemih. Glutation sendiri tersusun dari asam-asam amino dan dihasilkan dalam setiap sel tubuh, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dan serangan radikal bebas. Makanan yang dapat meningkatkan kadar glutation tubuh adalah sayuran sebangsa kubis (termasuk brokoli) dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

2.     Meningkatkan kolesterol
Karena memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat menimbulkan penyakit kolesterol. Kolesterol sendiri akan memicu berbagai penyakit akut seperti Diabetes,Jantung koroner dan kanker. Jadi kalau ingin makan junk food pikirkan lagi dampaknya.
3.     Obesitas
Karena mengandung kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan obesitas pada kaum muda dan bahkan bukan hal yang mustahil kalau dapat memicu penyakit diabetes pada kaum muda karena sering mengkonsumsi makanan yang rendah nutrisi ini.
4.    Pemicu Kanker
Kandungan bahan pengawet dan berbagai zat kimia penyedap rasa dalam Junk Food memicu penyakit berbahaya yang satu ini. Karena zat-zat kimia asing ini ketika masuk kedalam tubuh menimbun dan inilah awal dari penyakit kanker.
5.    Junk food Memicu Depresi
Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans yang tinggi bukan hanya membuat seseorang terancam sakit jantung, namun juga meningkatkan risiko mengidap depresi, demikian hasil kajian ilmuwan di Spanyol. Lemak trans (trans fat) adalah jenis lemak yang dapat ditemukan pada bentuk artifisial dalam produk-produk pastri dan makanan cepat saji. Sebagian besar lemak trans disintesiskan secara artifisial melewati proses kimia yang menambahkan hidrogen ke dalam minyak sayur. Dalam bahasa sederhana, itu artinya mengubah minyak cair menjadi lemak padat.
6.    Junk food Memicu Tumbuhnya Jerawat
Ada sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa ada hubungan antara pola makan dan jerawat. Namun, para dermatolog sepakat, fakta ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian. Kebanyakan remaja usia 17-18 tahun memiliki jerawat, dan hal ini bisa berlangsung hingga usia 20-an dan 30-an. Pada kasus-kasus lain, jerawat lebih disebabkan faktor genetik. Namun, secara umum jerawat ditimbulkan oleh lingkungan dan dipicu oleh makanan.Jerawat sebenarnya timbul ketika pori-pori Anda tersumbat akibat kelenjar minyak (sebum) di dalam pori meradang. Peradangan ini terjadi ketika kelenjar minyak  memproduksi minyak berlebih, terganggu oleh sel-sel kulit mati, atau pori-pori terisi, yang mendorong tumbuhnya bakteri. Dulu para dermatolog meyakini tidak ada hubungan antara pola makan dan jerawat. Akan tetapi, bukti-bukti yang bermunculan menunjukkan bahwa beberapa makanan dan minuman tertentu mungkin telah menyebabkan atau memicu jerawat pada beberapa orang. Jika anda ingin menghindari jerawat, konsumsilah makanan seperti pasta, nasi merah, roti dan tepung gandum, apel, melon, dan buah-buahan segar
7.        Junk Food Meningkatkan kadar gula darah
Makanan kemasan dan saringan menciptakan kondisi sempurna untuk jerawat. Sebab, makanan-makanan ini meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, dan menyebabkan kadar insulin meningkat. Beberapa jenis makanan yang biasa dikonsumsi orang dewasa yang bisa menyebabkan jerawat tersebut antara lain makanan ringan yang mengandung gula, roti tawar, dan soft drink. Makanan ini tidak langsung menyebabkan jerawat karena metabolisme berubah sebagai responsnya, dan mendorong insulin.
Semakin lama, kadar insulin yang tinggi menyebabkan kulit lebih kering, lebih tebal, lalu serpihan kulit yang kering itu menyumbat pori-pori. Insulin juga meningkatkan kadar androgen bebas (hormon pria) pada pria dan wanita, yang lalu menyebabkan kelenjar sebum pada kulit memproduksi lebih banyak minyak, dan memincu jerawat. Orang dewasa lebih responsif terhadap insulin sehingga dapat menimbulkan lebih banyak problem.  Jus sebaiknya dikurangi karena juga meningkatkan kadar gula darah dan insulin.
8.        Junk  food Memicu Terjadinya Pikun Lebih Cepat
Penelitian terbaru pada tikus di laboratorium menunjukkan, konsumsi junk fooddapat memicu terjadinya kerusakan sel syaraf otak mirip penyakit kepikunan Alzheimer. Tikus yang diberikan makanan junk food selama sembilan bulan menunjukkan tanda-tanda abnormalitas pada otak berupa rangkaian kusut neurofibrillary yang berisi protein tau mengidikasikan adanya Alzheimer, demikian dilaporkan para ilmuwan dari Karolinska Institutet, Swedia.

E.       Hal Yang dapat Dilakukan Untuk Menghindari Pengonsumsian Junk Food
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari pengonsumsian junkfood :
1.         Pilihlah nasi untuk makanan pokok
Jika anda ke restoran siap saji, yang menyediakan kentang goreng dan nasi putih, maka pilihlah nasi sebagai makanan pokok. Hal ini akan mengurangi konsumsi lemak dan natrium yang banyak terdapat pada kentang goreng.
2.         Kurangi porsi dan ukuran
Belilah makanan dalam jumlah secukupnya dan cobalah berbagi dengan rekan anda. Ini akan mengurangi asupan gizi berlebih yang bisa menimbulkan kegemukan.
3.         Ganti soft drink dengan air mineral atau jus buah
Soft drink banyak mengandung gula dan rendah nilai vitaminnya, maka sebaiknya pilih air putih yang tidak mengandung kalori atau jus buah yang mengandung banyak vitamin.
4.         Jangan mengkomsumsi kulit ayam
Ingat, kulit ayam adalah sumber lemak jenuh dan kolesterol, karena itu buanglah bagian kulit dan nikmatilah dagingnya.
5.          Mintalah salad
Tambahkan salad pada menu anda sebagai sayuran yang mengandung banyak vitamin dan serat.
6.         Kurangi saus dan mayonnaise
Kurangi penggunaan saus dan mayonnaise, karena saus banyak mengandung natrium dan pengawet sedangkan mayonnaise mengandung lemak tinggi.
7.         Bacalah informasi nilai gizi pada label kemasan
Biasakan membaca informasi nilai gizi pada kemasan makanan yang anda beli, sehingga anda bisa mengira-ngira jenis dan jumlah zat gizi yang anda konsumsi.
8.         Biasakan sarapan pagi di rumah
Mulailah hari anda dengan mengkonsumsi makanan sehat di rumah seperti jus buah, susu, sereal dan buah. Sarapan pagi di rumah akan mengurangi keinginan untuk membeli jajanan atau cemilan yang tidak sehat di luar rumah.
9.         Kurangi frekuensi makan junk food
Perhatikan frekuensi anda mengkomsi junk food, aturlah agar tidak melebihi 3-4 kali dalam sebulan.
10.     Olahraga
Tingkatkan kebugaran tubuh dengan berolahraga secara teratur. Olahraga akan membakar energi yang berasal dari konsumsi berlebih.
11.     Be Smart and Eat Smart For Your Health
Be Smart and Eat Smart For Your Health artinya berpikirah secara cerdas dan pintar. Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh dan kesehatan kita.
12.     Eat for health not for pleasure and say no to Junk food
Eat for health not for pleasure and say no to Junk food artinya makanlah suatu makanan karena makanan itu bermanfaat bagi tubuh kita dan karena tubuh kita memerlukan nutrisinya. Janganlah makan-makanan Junk food karena hanya ingin menikmati keenakannya saja tanpa menyadari, bahwa di dalam Junk food sama sekali tidak memiliki kandungan  nutrisi. Say no to Fast food because fast food is junk food. Ingatlah bahwa junk food mengandung banyak lemak tapi sayangnya jenis lemak yang salah, tinggi kandungan karbohidratnya namun jenis karbohidrat yang salah yaitu karbohidrat sederhana, menggunakan protein yang tidak berkualitas untuk kesehatan, mengandung banyak gula yang menyebabkan gula darah manusia naik-turun seperti rollercoaster dan memiliki sedikit sekali kandungan serat dan nutrisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll